Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit

Ubi jalar sering dijumpai sebagai makanan yanag dikonsumsi seperti halnya cemilan. Tanaman Ubi jalar juga gampang ditemukan dipasar-pasar tradisonal ataupun pasar modern, Sebab untuk budidayanya tidak terlalu sulit.  Ubi jalar memang termasuk makanan yang menjadi sumber kalori seperti manfaat dari kentang. Manfaat singkong serta manfaat jagung yang layak menjadi makanan pokok. Di Indonesia sendiri belum banyak yang memanfaatkan ubi jalar sebagai makanan pokok. Akan tetapi pada kenyataannya ubi jalar mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Sementara sejumlah nutrisi di dalam ubi jalar ini baik untuk tubuh, tapi tetap harus mewaspadai resiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan dari konsumsi ubi jalar.

Siapa sangka, tumbuh-tumbuhan di sekitar kita ternyata mempunyai banyak manfaat khususnya untuk kesehatan. Tidak butuh biaya mahal untuk menerapkan hidup sehat. Seperti pada tanaman yang satu ini, Ubi Jalar atau biasa disebut ketela oleh orang jawa. Tanaman ini memilik banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Ternyata daun ubi jalar mempunyai kandungan zat yang begitu luar biasa yang bermanfaat untuk kesehatan. Menurut sebuah penelitian, daun dari ubi jalar mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan. Serta salah satunya adalah vitamin B6. Walau ubi jalar dicap sebagai makanan orang desa atau kampungan, ternyata ubi jalar mengandung khasiat yang menakjubkan. Selain umbinya yang dapat dikonsumsi, Daun Ubi Jalar juga begitu berkhasiat untuk penyembuhan beberapa penyakit.

Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Demam Berdarah

Demam berdarah, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini termasuk penyakit yang dapat menyerang kapan saja. Penyakit ini menurunkan trombosit pada tubuh penderita, akibatnya badan terasa lemas dan tak bertenaga. Akan tetapi tahu kah anda bahwa Daun Ubi Jalar bisa menaikan trombosit secara cepat? Menurut dari pakar ahli gizi dari IPB, Prof Dr Ahmad Sulaeman. Beliau mengatakan bahwa air rebusan daun ubi jalar bisa dipakai untuk mengobati demam berdarah. Di Filipina, pengobatan demam berdarah memakai daun ubi jalar sudah dipraktekan sejak lama.

Daun ubi jalar mempunyai senyawa yang berlimpah. Peneliti dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat Dr Shahidul Islam. Melakukan riset pada daun ubi jalar serta menunjukan setiap 100 gram daun ubi jalar mengandung 117 mg kalsium, 1.8 mg besi, 3.5 mg karoten. Tak hanya itu, daun dengan nama latin Ipomea Batatas itu juga mengandung 7.2 mg vitamin K, Vitamin B, Betakaroten serta Protein. Kandungan Antosianin dan Polifenol yang bermanfaat sebagai antiperadangan dan antikanker juga terdapat dalam daun ubi jalar. Kandungan Polifenol juga bisa meningkatkan system kekebalan tubuh serta antioksidan. Sehingga kekebalan tubuh yang meningkat bisa melawan virus dengue yang menyerang tubuh.

Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Rabun

Daun ubi jalar dapat digunakan untuk mengobati rabun. Gunakan 1/2 genggam dari daun ubi jalar merah. Kemudian dicuci bersih dan diparut, kemudian campur dengan 3 sendok makan air masak serta 2 sendok makan madu. Lalu diperas dan disaring. Minumlah air ramuan yang telah disaring tersebut 3 x sehari sampai sembuh. Manfaat daun ubi jalar ini begitu ampuh serta bisa anda praktekkan sendiri.

Daun Ubi Jalar Untuk Mengobati Radang

Manfaat daun ubi jalar berikutnya yaitu untuk mengobati radang lambung. Untuk anda yang terdapat masalah radang lambung anda bisa mencoba menggunakan daun ubi jalar. Kandungan yang terdapat dalam daun ubi jalar yaitu Vitamin B kompleks, vitamin C, betakaroten, kalium, serta kalsium sangat efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar dapat mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam. Sampai akan menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Sangat banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun ubi jalar, semoga bermanfaat bagi anda semua. Untuk menambah wawasan baca juga ulasan mengenai tips kecantikan.

Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit | pujiwed | 4.5